Mengenang Ratu Elizabeth II: Ucapan Ultah ke-100 dari Sang Ratu

HAPPY 100 YEARS: Well-known Port Elizabeth resident, Dr Denzil Levy, proudly holds the card and greeting he received from Her Majesty, Queen Elizabeth II on the occasion of his 100th birthday which he celebrates today (EDS: Wednesday). With him from London are his daughters Marilyn Smith and Fanelle Galaun. Picture: IVOR MARKMAN.

Saya beruntung bisa meliput acara kunjungan kenegaraan Presiden SBY ke Inggris. Juga saat Presiden Joko Widodo mengadakan kunjungan kerja ke Inggris pada 2016, dengan suasana yang tentunya sangat berbeda.

Nani, warga Indonesia yang lama menetap di Inggris. (Foto: Zeynita Gibbons)

 

Warga Indonesia merasa sedih

Banyak warga Indonesia yang lama menetap di Inggris turut menaruh karangan bunga di halaman Istana Buckingham. Di antaranya Nani, yang menikah dengan pria asal Wales. Selain itu juga Chichi Gani dan Isa Lend, yang bekerja untuk council di London.

Chichi Gani, warga Indonesia yang lama menetap di London, mengaku sangat sedih atas kepergian Queen Elizabeth II yang dicintainya.

“Saya tinggal di London sejak tahun 1988 sampai sekarang,” ujar Chichi.

Ia merasakan kebijakan Ratu Elizabeth untuk bangsanya, termasuk dirinya yang  merasa nyaman hidup di London dan UK.

Menurutnya, Ratu sangat mencintai rakyatnya. Kepergiannya membuatnya sangat sedih. “Saya turut berduka cita bersama penduduk Inggris, bahkan dari seluruh dunia untuk menaruh karangan bunga di Buckingham Palace,” ujarnya.

Chichi pun menceritakan pengalamannya saat ikut menaruh karangan bunga di depan Istana Buckingham.

Banyak orang yang ingin menaruh karangan bunga sebagai rasa duka mendalam. Ribuan manusia berbondong-bondong menaruh bunga di sekitar Buckingham.

Untuk meletakkan bunga itu mereka harus antri dengan tertib. Mereka harus mengelilingi Taman St James untuk sampai di pintu Istana Buckingham.

Dubes Indonesia yang terakhir menghadap Ratu Inggris adalah Desra Percaya. Ia menghadap Ratu untuk menyerahkan surat kepercayaan, menandai penempatannya sebagai Wakil Indonesia di Kerajaan Inggris.

Dubes Desra Percaya, dalam Instagramnya menuliskan, memasuki bulan September, cuaca di Inggris kembali gloomy (suram).  Dingin, mendung, terkadang hujan deras di tengah-tengah musim panas.

Seperti cuaca bulan ini, banyak juga kabar duka dan suka datang silih berganti, mulai berita mundurnya PM Inggris Boris Johnson, diangkatnya Menlu Liz Truss sebagai PM baru yang sempat bertemu Ratu.

Editor: Tian Arief

*)Mantan wartawan LKBN Antara di London, kini tinggal di Sumatera Barat Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *