Haru dan Asa di Diaspora Engagement Summit 2024

(Dari kiri ke kanan) Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) United, Edward Wanandi, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia periode 2014-2024, Yasonna Hamonangan Laoly, Linda Lim, pemandu acara pembukaan Diaspora Engagement Summit 2024, dan Presiden IDN-U, Herry Utomo. (Foto: Natalia Santi)

Penulis: Natalia Santi

WartaEropa.com, Jakarta – Linda Lim tidak kuasa menghentikan air matanya, tak lama setelah lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dinyanyikan, mengawali acara Diaspora Engagement Summit 2024 di Hotel JS Luwansa, yang terletak di bilangan Jalan Rasuna Said, Jakarta, Senin (19/8).

“Maaf, Pak, saya sudah lama sekali tidak menyanyikan Indonesia Raya,” kata Linda, diaspora Indonesia yang telah 30 tahun tinggal di Amerika Serikat, yang memandu acara pembukaan. 

Hadir dalam pertemuan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia periode 2014-2024, Yasonna Hamonangan Laoly, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) United, Edward Wanandi dan Presiden IDN-U, Herry Utomo.

Mengangkat tema, “Memperkuat Peran Diaspora dalam Mendukung Masa Depan Indonesia”, Diaspora Engagement Summit 2024 di Jakarta dihadiri oleh peserta yang terdiri dari anggota diaspora, pemerintah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.  Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui YouTube dan Zoom, yang memungkinkan partisipasi dari diaspora di berbagai belahan dunia.

“Tema dari acara ini adalah keterlibatan. Kami sengaja memilih kata ini, karena ini adalah konsep penting saat kami mengeksplorasi potensi kewarganegaraan Indonesia di luar negeri yang sedang kami garap,” kata Herry Utomo dalam sambutannya.

Menurut Herry, proposal yang tengah digarap bertujuan untuk memberdayakan anggota diaspora Indonesia di seluruh dunia agar dapat secara aktif berkontribusi lebih banyak kepada Tanah Air, Republik Indonesia.

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *