Ada Indonesian Latte Gula Aren di Kafe “Le Maung”, Paris

Penulis: Sita Phulpin

Paris, Wartaeropa.com – Warung kopi atau Warkop sangat mudah ditemukan di Indonesia. Warung ini, selain menyajikan kopi, juga teh dan minuman hangat lainnya beserta makanan ringan.

Warkop biasa dikunjungi masyarakat dari berbagai latar belakang. Mereka berkumpul, bebas berdiskusi, ngobrol santai, sambil minum kopi bersama, tanpa adanya sekat perbedaan.

Nah, belum lama ini di Paris Prancis, ada satu warkop yang menyajikankan kopi unggul dari Indonesia. Namanya “Le Maung”, yang artinya harimau atau macan (dalam Bahasa Sunda). Di depan kafe ini terpampang tulisan besar “Le Maung” beserta gambar macan.

Adalah pasangan suami istri Andriyadi Mardin dan Putri yang menggawangi warkop atau lebih tepatnya, kafe “Le Maung” ini.

Kafe “Le Maung” resmi dibuka pada 17 Agustus 2024, atau tepat pada Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI.

Satu-satunya di Paris

Pelanggan “Le Maung” sedang berdiskusi dengan barista. (Foto: Sita Phulpin)

Menurut catatan penulis, selama ini di Paris, bahkan mungkin di Prancis, belum ada kafe dengan kategori specialty coffee yang menyuguhkan khusus kopi asal Indonesia.

Di Ibu Kota Prancis ini memang bertebaran kafe. Bahkan hampir di tiap sudut jalan terdapat kafe. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, ada 3.280 kafe bertebaran di kota Paris!

Namun yang membedakan “Le Maung” dengan kafe lainnya adalah konsep yang ditawarkan. “Le Maung” adalah sebuah specialty coffee shop atau warung kopi istimewa.

Di kafe yang berkategori kafe kopi istimewa, kopi yang disajikan tak bisa sembarang kopi.

Warung kopi seperti ini hanya menyajikan kopi dengan kualitas prima yang bisa ditelusuri asal usulnya, bagaimana proses penanaman, panen dan torefaksi atau penyangraian biji kopinya.

Selain itu, pelanggannya bisa berdiskusi atau menggali informasi dari baristanya tentang kopi yang disruputnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *