Belanda Kembalikan 288 Obyek Budaya ke Indonesia

Sebagai tanggapan atas permintaan Indonesia, Belanda mengembalikan 288 obyek dari Koleksi Negara Belanda ke Indonesia. (Foto: Wereldmuseum Amsterdam)

Kesepakatan repatriasi 2024 ini adalah lanjutan dari repatriasi 2023, yang menghasilkan kesepakatan pengembalian 472 benda cagar budaya asal Indonesia yang terdiri dari empat arca Candi Singosari, sebilah keris Kerajaan Klungkung, harta jarahan Lombok, dan koleksi Pita Maha.

Sementara proses repatriasi pertama berjalan, Komite Repatriasi melakukan kajian dan menyusun daftar benda-benda cagar budaya Indonesia lain yang masih ada di Belanda untuk dipulangkan. Sebanyak 288 benda cagar budaya asal Indonesia yang masuk agenda repatriasi kedua merupakan hasil dari kajian tersebut.

Realisasi pengembalian 288 benda cagar budaya asal Indonesia itu diagendakan tiba di Tanah Air pada awal Oktober 2024.

Repatriasi benda cagar budaya kali ini meliputi arca Ganesha, arca Brahma, dua arca Candi Singosari, dan 284 benda koleksi Puputan Badung.Pada koleksi arca Candi Singosari, terdapat arca Nandi dan Bhairawa yang berasal dari abad ke-13.

Dua arca ini melengkapi koleksi Singhasari yang dipulangkan pada 2023, yaitu Ganesa, Mahakala, Durga Mahisasuramardini, dan Nandiswara.

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *