Gamelan Hadiah Sultan di Resepsi Diplomatik 40 Tahun RI Irlandia

National Concert Hall Gamelan Orchestra pimpinan Peter Moran, kelompok gamelan yang beranggotakan warga Irlandia tersebut menggunakan set gamelan hadiah Sultan Hamengkubuwono X kepada NCH Dublin pada 2014. (Foto: KBRI London)

WartaEropa.com, Dublin – Gamelan hadiah dari Sultan Hamengkubuwono X turut memeriahkanpuncak perayaan 40 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Irlandia.

KBRI  London menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di  National Concert Hall (NCH) Dublin, yang disematkan sebagai “The Home of Music in Ireland”, Senin (21/10).

“40 tahun yang lalu merupakan situasi yang sangat berbeda…dimana jarak geografis antara  kedua negara kita terasa sangat jauh,” kata Ketua Komite Oireachtas (Parlemen) untuk  Urusan Luar Negeri dan Pertahanan, Charles Flanagan TD, tamu kehormatan.

Tamu kehormatan Ketua Komite Oireachtas (Parlemen) untuk Urusan Luar Negeri dan Pertahanan, Charles Flanagan TD bersama Dubes RI Desra Percaya. (Foto: KBRI London)

“Namun, saat ini kita dapat merasakan betapa kedekatan di antara kita, seperti  misalnya, banyak pelajar Indonesia yang memilih untuk menempuh studi di Irlandia,”  kata Flanagan.

Kedua negara juga menegaskan posisi sama dalam berbagai isu penting di tataran global, seperti penegakan perdamaian dunia dan pemberdayaan perempuan. 

Hal senada juga disampaikan dalam sambutan Dubes RI Desra Percaya, yang soroti menguatnya kerjasama kedua negara, termasuk di bidang seni budaya.

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *