Gamelan Hadiah Sultan di Resepsi Diplomatik 40 Tahun RI Irlandia

National Concert Hall Gamelan Orchestra pimpinan Peter Moran, kelompok gamelan yang beranggotakan warga Irlandia tersebut menggunakan set gamelan hadiah Sultan Hamengkubuwono X kepada NCH Dublin pada 2014. (Foto: KBRI London)



“Musisi Irlandia  tentunya sangat terkenal bagi publik Indonesia, bahkan grup musik The Corrs, serta penyanyi  Irlandia lainnya seringkali tampil di Indonesia,” kata Dubes RI.  

Penampilan  Dubes Desra dengan saxophone-nya, membawa suasana Tanah Air ke Irlandia. (Foto: KBRI London)

Penguatan kerjasama seni budaya juga tercermin dari tampilan National Concert Hall  Gamelan Orchestra.

Di bawah pimpinan Peter Moran, kelompok gamelan yang  beranggotakan seluruhnya WN Irlandia ini menggunakan set gamelan hadiah Sultan Hamengkubuwono X kepada NCH Dublin pada 2014.

Tampilan pada acara resepsi  menandai 10 tahun pemberian gamelan tersebut, yang secara istimewa, juga dihadiri oleh  perwakilan keraton Yogyakarta.  

Tari Bali “Kembang Girang”. (Foto: KBRI London)

Resepsi diplomatik ini dihadiri tidak kurang dari 200 tamu dari kalangan pemerintah Irlandia,  korps diplomatik, Konsul Kehormatan RI, kalangan bisnis, akademia, diaspora Indonesia serta PPI Irlandia.

Suguhan tradisi potong tumpeng, tari Bali “Kembang Girang” dan penampilan  Dubes Desra dengan saxophone-nya, membawa suasana Tanah Air ke Irlandia. 

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *