Gamelan Hadiah Sultan di Resepsi Diplomatik 40 Tahun RI Irlandia

National Concert Hall Gamelan Orchestra pimpinan Peter Moran, kelompok gamelan yang beranggotakan warga Irlandia tersebut menggunakan set gamelan hadiah Sultan Hamengkubuwono X kepada NCH Dublin pada 2014. (Foto: KBRI London)

Peringatan 40 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Irlandia telah dimulai dengan  peluncuran logo oleh Dubes Desra dan Dubes Irlandia untuk RI Padraig Francis pada Mei dengan tema perayaan: “Our Peoples, Our Connections, Our Future”.  

Potong tumpeng. (Foto: KBRI London)

Sebagai bagian rangkaian perayaan, KBRI bekerjasama Asia Matters juga  menyelenggarakan forum bisnis “Indonesia-Ireland Financial Services and Investment  Partnership Roundtable” pada 21 Oktober 2024.

Forum tersebut mempertemukan kalangan  bisnis setempat dengan perwakilan Bank Indonesia London, Bank Mandiri London, dan BNI  London guna mendiskusikan potensi kerjasama investasi dan layanan keuangan.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Desra menegaskan komitmen pemerintahan Indonesia yang baru untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi hijau dan biru, energi, digital,  dan fintech.  

Rangkaian perayaan di Dublin ditutup dengan Ambassador’s Lecture yang mengangkat tema  penguatan peran kedua negara di kancah regional dan internasional, termasuk peran Irlandia  di Uni Eropa dan Indonesia di ASEAN dan G20, serta potensi kerjasama kedua negara di  bidang kesehatan bertempat di Royal College of Surgeons (RCSI) pada 22 Oktober 2024.  

(sumber: KBRI London)

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *