Citra Positif Indonesia di Mata Publik Swiss Terus Meningkat

Selain itu kerja sama ekonomi kedua negara yang terus meningkat dalam aspek perdagangan, investasi dan pariwisata khususnya sejak tercapainya EFTA CEPA serta Bilateral Investment Treaty (BIT) antarkedua negara.

Dubes RI Ngurah Swajaya menekankan komitmen Indonesia mendorong perdamaian, menegakkan hukum internasional dan penguatan multilateralisme, penyelesaian sengketa secara damai yang juga menjadi nilai-nilai yang dijunjung tinggi Swiss.

Total nilai perdagangan Indonesia – Swiss tahun 2023 mencapai US$ 3,10 milyar. Neraca perdagangan bilateral pada tahun 2023 berada pada posisi surplus bagi Indonesia yakni sebesar US$ 2,21 miliar atau senilai Rp 34,67 triliun. Potensi peningkatan nilai perdagangan masih besar untuk ditingkatkan melalui diversifikasi produk ekspor.

Investasi naik US$ 16,3 juta

Persembahan delegasi seni NTT yang diapresiasi tinggi oleh hadirin, termasuk para pejabat Swiss. (Foto: Kemlu RI)

Swiss adalah salah satu investor asing terbesar ke-6 dari Eropa dan ke-22 dari seluruh negara di dunia pada 2023. Pada tahun itu, nilai investasi Swiss di Indonesia mencapai US$ 150,1 juta atau naik sebesar US$ 16,3 juta dibandingkan dengan tahun 2022.

KBRI saat ini memfokuskan untuk menarik investasi dari perusahaan menengah yang memiliki keunggulan teknologi, termasuk teknologi rendah karbon, untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai basis rantai pasok industri.***

Sumber: Press Release KBRI Bern

Foto headline: Tarian Papua yang dibawakan anak-anak Indonesia di Bern (Kemlu RI)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *