Bulan Budaya Indonesia di Oostende Belgia Tampilkan Reog Ponorogo

Penulis: Gendhis Laksmana

Wartaeropa.com – KBRI Brussel bekerja sama dengan Perpustakaan Kris Lambert di Oostende menggelar bulan budaya Indonesia dengan tema “De Schat van Indonesie” atau “Treasures of Indonesia”. Acara itu meliputi pameran, diskusi buku, dan pergelaran budaya, dari 3 hingga 27 September 2022.

Pembukaan “De Schat van Indonesie” dilakukan pada Selasa (6/9/22), bersamaan dengan diskusi buku “Revolusi” karya sejarawan Belgia David van Reybrouck. Buku ini diluncurkan pada 2020 dalam bahasa Belanda, Prancis, dan Jerman. Buku ini merupakan kajian sejarah bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan bagaimana Indonesia merdeka dari kolonialisme yang berdampak pada politik global.

Pembukaan “De Schat van Indonesie” bersamaan dengan diskusi buku “Revolusi” karya sejarawan Belgia David van Reybrouck. (Foto: Gendhis)

 

Diskusi Buku dalam bahasa Inggris itu menghadirkan sejarawan Indonesia yang lama menetap di Belanda, Joss Wibisono, dan Gie Goris, jurnalis Belgia yang juga pemerhati isu-isu Asia Tenggara. Keduanya mengupas Revolusi, dan lebih jauh lagi bagaimana Revolusi kemerdekaan Indonesia bergema hingga pelosok dunia. Hadir dalam diskusi itu, kelompok-kelompok buku di Oostende dan berbagai kota di sekitar Oostende.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Belgia, Andri Hadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sempat bertemu secara pribadi dengan David van Reybrouck. David menceritakan tentang upaya dan perjuangannya menulis buku ini. Dubes Andri mengaku salut atas kegigihan David dalam menemukan sumber sejarah secara langsung. Menurut Dubes Andri, David van Reybouck adalah penulis Belgia yang dihormati dan buku bukunya populer sekali. “Kebanyakan buku sejarah Indonesia ditulis oleh penulis Belanda. Tetapi buku ini disusun oleh orang Belgia yang menulis dengan perspektif berbeda,” tutur Andri.

Selain itu, pameran “De Schat van Indonesie” menampilkan benda budaya yang merupakan koleksi Etnologi Museum Universitas Gents dan sejumlah koleksi warga Belgia yang dipamerkan di selasar perpustakaan Kris Lambert. Benda benda tersebut disusun secara apik seperti halnya dalam museum. Di antara benda benda budaya itu terdapat patung Asmat milik Pauline van der Zee, seorang warga Belgia pecinta sejarah seni. Selain itu, ada alat musik Hasapi asal Sumatera Utara, dan Sompoton dari Keladi milik suku Iban Kalimantan Barat, yang merupakan koleksi Museum Universitas Gents. Ada juga sejumlah Keris Jawa dan Lombok, serta kotak pinang berbahan kayu dari Sumba.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *