Jofi Puspa menambahkan, acara ini dipersiapkan selama dua tahun. “Kami mengajak berbagai pemprov dan dan pemkot di Indonesia. Dari situ, muncul berbagai diskusi dan lahirlah berbagai kegiatan yang kita lihat sekarang.”

Berhasil menarik pembeli dari Jerman dan mancanegara. (Foto: Miranti)

 

Promosi Indonesia lewat tema Jelajah Nusantara

IFF 2022 terdiri dari rangkaian kegiatan yang mempromosikan Indonesia, dengan tema “Jelajah Nusantara”.

IFF 2022 menyelenggarakan pameran perdagangan dan investasi, festival kuliner, pergelaran seni budaya, forum pariwisata, forum bisnis dan berbagai workshop terkait seni budaya Indonesia.

Pada hari pertama,  acara diisi dengan kegiatan Resepsi Diplomatik, Forum Pariwisata, Forum Bisnis, Pembukaan IFF, Pertunjukan Seni Budaya, Pameran Produk Unggulan, serta berbagai workshop terkait Indonesia antara lain seni membatik; kerajinan batu permata; pasar rempah di Eropa; wastra nusantara; gamelan; diskusi budaya; dan bedah buku.

Sedangkan Festival Kuliner Nusantara mengahadirkan berbagai makanan khas Indonesia, dari jajanan dalam kemasan, jajanan pasar, makanan khas, hingga jamuan bagi hadirin.

Kuliner khas Nusantara bisa dinikmati pengunjung. (Foto: Miranti)

 

Pertunjukan Reog Ponorogo

Upacara pembukaan IFF 2022 dimeriahkan dengan pergelaran seni budaya dari berbagai daerah Indonesia, seperti Tari Puspa Mekar oleh Sanggar Ayu Bulan; Tari Laksmita Alep Ngayogyakarta oleh Provinsi DI Yogyakarta; Tari Burung Enggang dan Tari Rebana oleh Provinsi Kalimantan Barat; serta Tarian Medley Pesona Sulawesi oleh Pelestari/Belantara Budaya.

Acara semakin semarak dengan adanya permainan alat musik tradisional Indonesia dari Gamelan Wacana Budaya binaan KJRI Frankfurt dan musik Sape dari Kalimantan Barat.

Rangkaian pertunjukan, pameran, festival kuliner, serta workshop terus berlanjut di hari kedua dan ketiga IFF.

Pemkab Ponorogo ikut berpartisipasi dalam IFF dengan menghadirkan Reog Ponorogo. Kelompok Reog yang terdiri dari 14 seniman dari berbagai sanggar di Ponorogo ini tampil selama dua hari berturut-turut di IFF.

Selain pentas di panggung Titus Forum dan mengadakan workshop, Reog Ponorogo juga tampil di alun-alun Roemer. Alun alun ini merupakan ikon kota tua Frankfurt. Atraksi reog ini selalu mendapatkan sambutan meriah di manapun mereka tampil.

Booth Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Wisata.news)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *