Festival Indonesia-Finlandia Bawa Lebih Banyak Kebahagiaan bagi Warga Finlandia

Helsinki, Wartaeropa.com – Orang Indonesia mengenal Finlandia sebagai negara yang warganya paling bahagia di dunia. Dan Festival Indonesia-Finlandia 2023 memberikan lebih banyak lagi kebahagiaan bagi warga negeri di Eropa utara itu.

Betapa tidak, untuk pertama kalinya mereka mencicipi masakan lezat khas Tanah Air, seperti rendang, dendeng balado dan bakso cuanki. Juga bisa menari gembira diiringi musik khas Betawi.

Maka tak mengherankan, lebih dari 2.500 pengunjung Lapangan Narinkkatori, Helsinki, Finlandia. Mereka turut merasakan sensasi sekejap pengalaman menjadi orang Indonesia.

Para pejabat Indonesia dan Finlandia menikmati kuliner khas Nusantara yang lezat dan bercita rasa tinggi. (Foto: Dok. KBRI Helsinki)

 

Bermacam kemeriahan terekam dari Indonesia Finland Festival, yang digelar pada 10 Juni 2023. Festival penanda musim panas ini adalah kerja keras Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Helsinki. Tujuannya untuk mendorong lebih banyak masyarakat Finlandia mengenal Indonesia.

“Orang Indonesia mengenal Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia. Sayang sekali, belum banyak orang Finlandia mengenal Indonesia,” ujar Ratu Silvy Gayatri, Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia.

Karena itu, KBRI Helsinki berharap, festival bisa menampilkan contoh-contoh produk kebudayaan khas dari Indonesia.

Ribuan warga Finlandia dan diaspora Indonesia tumpah ruah menyaksikan atraksi kesenian Nusantara. (Foto: Dok. KBRI Helsinki)

 

Belasan tenda kuliner khas Indonesia bertebaran di acara itu. Tak hanya makanan berat, seperti nasi kapau atau bakso malang, beberapa tenda menyediakan jajanan pasar, mulai dari kue cucur, cenil, hingga es cendol. Warga diaspora Indonesia di Finlandia dan warga asli Finlandia yang tertarik pada budaya Indonesia, berkolaborasi menampilkan ragam kesenian tradisional, seperti gamelan dan tari topeng Bali.

Festival inii, seperti dilaporkan siaran pers KBRI Helsinki, diikuti kontingen seniman binaan Dinas Kebudayan DKI Jakarta, yang sengaja terbang ke Finlandia untuk menampilkan beragam tarian serta lagu tradisional dan kontemporer.

Penampilan seniman dari DKI ini disambut meriah oleh pengunjung, sampai mereka terhanyut dalam irama musik dan turut berjoget ketika lagu-lagu Betawi, seperti Ondel-Ondel dan Hujan Gerimis dimainkan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *