KBRI/PTRI Wina dan perwakilan unsur masyarakat mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih secara khidmat. (Foto: KBRI Wina)

“Saya terakhir menjadi petugas upacara 17 Agustus, yaitu sebagai pengibar bendera di Kantor Pusat Pertamina di tahun 1998. Rasa patriotisme ketika itu kuat sekali dan merasa bangga. Jadi ketika diminta menjadi petugas pembaca Do’a HUT ke-78 RI saya merasa termotivasi untuk ikut berpartisipasi,” kata petugas upacara bendera tertua, Sugeng Haryanto.

Tim Aubade anak-anak dengan berpakaian daerah Indonesia mengumandangkan lagu-lagu perjuangan . (Foto: KBRI Wina)

Di usianya yang ke-63 tahun, Pak Sugeng, demikian dia akrab disapa, merupakan pensiunan OPEC Fund for International Development (OFID) di Wina. Pak Sugeng juga adalah Ketua Dewan Penasehat Warga Pengajian Austria (Wapena), organisasi kemasyarakatan muslim Indonesia di Austria.

Rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI telah dimulai pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2023 dengan pertandingan Catur Online melalui platform Chess.com, dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola lapangan pada 6 Agustus 2023, e-Sport FIFA 2023 di PlayStation 4 dan Semi-Final Catur Online secara luring pada 12 Agustus 2023, serta pertandingan Bulutangkis dan Tenis Meja ganda putra dan putri13 Agustus 2023.

Peresmian Perampungan Ruang Loket Pelayanan Konsuler oleh Dubes/Watap RI dihadiri oleh mantan Pegawai Setempat KBRI/PTRI Wina, Poernomo Roesad dan Mrs. Paula Kallinger. (Foto: KBRI Wina)

Puncak rangkaian adalah acara “Pesta Rakyat” akan digelar pada 26 Agustus 2023 di KBRI/PTRI Wina. “Pesta Rakyat” tersebut akan mengundang segenap WNI dan Diaspora Indonesia, mitra KBRI/PTRI Wina, dan kalangan diplomatik terbatas, serta para Friends of Indonesia di Austria dan Slovenia.

Pada tanggal yang sakral 17 Agustus ini, KBRI/PTRI Wina juga menggunakan kesempatan untuk meresmikan perampungan konstruksi Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran yang baru.

Seiring dengan peningkatan jumlah WNI dan Diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia dalam satu dasawarsa terakhir, terdapat kepentingan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kekonsuleran dan menyelaraskan standar pelayanan publik kekonsuleran yang telah ditetapkan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk seluruh Perwakilan RI di luar negeri.

Dubes Damos beserta Ibu Ermita, DCM Alfiano Tamala beserta Ibu Lieke, dan para petugas upacara HUT ke-78 RI di Wina, Austria. (Foto: KBRI Wina)

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *