Penulis: Jacqueline Vandayantie

Amsterdam, Wartaeropa.com – Puluhan pengunjung tampak menikmati ratusan objek tentang Indonesia, mulai dari masa Majapahit hingga masa kini, pada pameran sejarah Indonesia: De Grote Indonesië Tentoonstelling alias Pameran Indonesia Raya, di De Nieuwe Kerk, Dam Square, Amsterdam, Belanda.

Objek-objek itu -jumlahnya lebih dari 300 objek- terdiri dari artefak (benda peninggalan sejarah), foto dan film, dokumen bersejarah, wayang, tekstil khas Nusantara, perhiasan dan lukisan.

Pengunjung tampak puas menyaksikan sejarah Indonesia dari masa ke masa, mulai dari zaman kerajaan Majapahit, pemerintahan kolonial Belanda, masa revolusi fisik dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, era Soekarno, era Soeharto, hingga masa kini.

Para pengunjung menikmati sejarah Indonesia yang tidak tertulis di buku-buku pelajaran. (Foto: Jacqueline Vandayantie)

Seperti ditunjukkan empat sekawan Danny, Ron, Tjwan dan Chandra. Mereka sengaja datang ke pameran itu karena rasa ingin tahu mereka tentang sejarah orang tua mereka.

“Saya memang lahir di Jakarta, tapi pada usia setahun sudah menetap di Belanda karena orang tua saya bekerja di Belanda,” kata Danny kepada Kabarbelanda.com.

Ia merasa senang bisa mengetahui tentang sejarah Indonesia, yang menurutnya, lengkap disajikan dalam pameran itu.

“Saya kira yang datang ke pameran hanya orang Indonesia saja, namun ternyata banyak juga orang Belanda yang tertarik untuk mengetahui sejarah kita,” ungkap Tjwan, yang tinggal di Belanda sejak tahun 1970-an.

Betapa tidak, sejarah Indonesia tidak terlepas dari masa kolonial Belanda. Masa dimana saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Hindia Belanda adalah sebuah daerah pendudukan Belanda yang wilayahnya saat ini bernama Republik Indonesia.

Istimewa

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *