Resepsi Diplomatik HUT ke-79 RI, Hadirkan Nuansa Kampung Betawi di Jenewa

WartaEropa.com, Jenewa – Nuansa Betawi terasa di Jenewa, mana kala Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa (PTRI Jenewa) menggelar Resepsi Diplomatik dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengusung tema “Joy of Jakarta: Colorful Kampong,” resepsi diplomatik juga bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Betawi sebagai wujud penghormatan dan pelestarian budaya asli Jakarta.

Acara berlangsung meriah dan disambut antusias oleh sekitar 500 hadirin dari kalangan diplomatik, organisasi internasional seperti Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU), Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), serta masyarakat Indonesia yang berada di Jenewa.

Selain sebagai ajang promosi terpadu Indonesia, melalui rangkaian acara diharapkan kerjasama baik antara PTRI dengan berbagai pemangku kepentingan di Jenewa untuk mendukung kepemimpinan Indonesia di isu-isu multilateral juga semakin meningkat.

Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Duta Besar Febrian A. Ruddyard, menekankan pentingnya pelestarian budaya tradisional sebagai identitas bangsa yang harus terus dipromosikan di kancah internasional.

“Meskipun Jakarta kelak tidak lagi menjadi ibu kota Indonesia, Jakarta akan tetap menjadi melting pot tempat berbaurnya sejarah dan budaya Indonesia yang secara tidak langsung berperan sebagai ibu kota multilateral Indonesia. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan betapa kayanya warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Nilai-nilai luhur persatuan dalam keberagaman dan kolaborasi merupakan prinsip yang mewarnai peran penting Indonesia di forum internasional,” kata Dubes Febrian.

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *