Indonesia Jadi Negara Kehormatan di Ajang Gastronomie Internasional

Peristiwa kuliner yang dinanti-nantikan masyarakat Prancis yang merupakan pecinta kuliner kelas berat ini dibuka pada 1 September sore hari.

Beberapa tokoh penting terutama yang berkecimpung di dunia tata boga Prancis dan selebritas Prancis hadir pada acara cocktail pembukaan.

Pertunjukan pencak silat yang dimainkan dua pesilat asal Prancis. (Foto: Sita Phulpin)

 

Di atas panggung tampak Anne-Laure Descombin, pendiri sekaligus presiden VIG, Stéphane Layani, direktur pasar induk internasional Rungis yang menjadi presiden kehormatan event ini, Guy Savoy, koki berbintang tiga Prancis yang menjadi wali pelindung VIG kali ini.

Begitu rangkaian pidato selesai, penyanyi pop Prancis Mark Fichel sontak menghentak panggung. Selanjutnya panggung dimeriahkan pertunjukan pencak silat yang dimainkan dua pesilat Prancis. Selain itu, penonton disuguhi beberapa tarian Indonesia, seperti tari Merak, Sajojo, dan Poco-poco.

Beberapa negara lain pun tak ketinggalan menurunkan perwakilannya, yang turut menghangatkan panggung.

Pertunjukan tarian tradisional Indonesia dengan latar belakang Menara Eiffel yang indah. (Foto: Sita Phulpin)

 

Hari Sabtu, 3 September 2022 dicanangkan sebagai Hari Indonesia. Di panggung utama ditampilkan rentetan acara terkait Indonesia. Demo memasak akan ditampilkan oleh para ibu Dharma Wanita Paris.

Kemudian dilakukan presentasi mengenai wisata dan rempah-rempah, pengenalan jamu, teh dan kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Tak ketinggalan workshop wayang dan minyak esensial.

LMDI yang merupakan partner spesial dan koordinator ekslusif VIG untuk Indonesia menggandeng para mitra dari Indonesia, yaitu Wonderful Indonesia, PT Jakarta Coffee Premium, dan Pemkab Belitung.

Di stand LMDI bisa didapatkan berbagai produk minuman, makanan dan kerajinan Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *