“Autobiography”, Film Indonesia yang Sarat Pujian Internasional

Penulis: Miranti

Wartaeropa.com – Indonesia patut berbangga. Film berjudul Autobiography garapan sutradara Makbul Mubarak, tampil di Venice Film Festival 2022, di Venesia Italia. Film ini bergenre sense thriller dan masuk dalam kategori orrizonti, yang menonjolkan sisi ekspresif dan aesthetic. Ini adalah satu satunya film asal Asia Tenggara di Venice Film Festival tahun ini.

Kevin Ardilova sebagai Rakib dalam Autobiography. (Dok. KawanKawan Media)

 

Autobiography menceritakan dinamika sosok Rakib (diperankan Kevin Ardilova) dan seorang pensiunan jenderal (diperankan Arswendy Bening Swara). Rakib bekerja sebagai penjaga rumah sekaligus asisten pribadi Jenderal Purna. Purna, yang berusia senja dan jauh dari anak-anaknya, mencari kesibukan dengan mencalonkan diri sebagai bupati Bojonegoro.

Poster film Autobiography di Festival Film Venice, Italia. (Dok. KBRI Roma)

 

Film ini mengajak penonton untuk mengikuti cerita hubungan psikologis anak dan figur ayah yang sarat dengan rahasia masa lalu, konflik, kekuasaan, dan ego.

Autobiography diperkuat sederet nama yang tidak asing di dunia perfilman Indonesia, seperti Lukman Sardi, Yusuf Mahardhika, Rukman Rosadi, Haru Sandra, dan Gunawan Maryanto (alm).

Salah satu adegan film Autobiography. (Dok. KawanKawan Media)

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *