“Autobiography”, Film Indonesia yang Sarat Pujian Internasional

Film Autobiography merupakan produksi KawanKawan Media dengan Yulia Evina Bhara sebagai Produser. Autobiography tayang perdana (World Premier) di Venice Film Festival pada 3 September 2022. Selama festival berlangsung, film ini tampil empat kali di empat studio berbeda.

Sebanyak 4.000 tiket film Autobiography ludes terjual pada 30 Agustus 2022, beberapa hari sebelum diputar perdana di Bioskop Sala Darsena, Lido, Venesia.  Bioskop Sala Darsena memiliki kapasitas 1.400 penonton. Autobiography kemudian ditayangkan di bioskop PalaBiennale yang berkapasitas 2.000 penonton.

Suasana pemutaran perdana film Autobiography di Venesia. (Dok. KBRI Roma)

 

Makbul Mubarak kepada Warta Eropa melalui telepon, mengaku surprised dengan antusiasme penonton filmnya di festival tersebut. Padahal, bagi Makbul, Autobiography merupakan film panjang pertama yang dibesutnya sebagai sutradara.

Makbul menuturkan, sesi tanya jawab langsung dengan penonton hanya berlangsung pasca-pemutaran film perdananya, “Pertanyaannya lebih banyak mengenai proses pembuatan film, seperti bagaimana cara pendalaman akting para aktor, pengembangan dialog dan menggali karakter. Selain itu, mereka juga banyak bertanya tentang sinematografi, style dan estetika”.

Sutradara Makbul Mubarak (ketiga dari kiri) dan aktor Kevin Ardilova (kedua dari kanan). (Dok. KBRI Roma)

 

Menurutnya, banyak penonton tidak menyangka kalau Kevin Ardiloka di film ini untuk pertama kalinya berakting sebagai pemeran utama.

Pertanyaan-pertanyaan bernas dari penonton membuat Makbul tambah semangat. Tetapi baginya, yang terpenting adalah penonton filmnya di Tanah Air. Ia penasaran bagaimana tanggapan penonton film di Tanah Air, karena menurut Makbul, “Ini adalah cerita tentang kita sendiri”.

Rencananya, film ini akan ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia pada akhir 2022. Setelah Film Festival Venice, Film ini akan meramaikan Festival Film Toronto, Kanada, dan BFI London Film Festival.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *