Produk Buatan Tangan dari Indonesia Sangat Dinantikan Luxury Brands

Senada dengan Nina, Fernand Ratier, yang turut hadir sebagai pembicara dalam webinar tersebut mengatakan, keahlian manual dan kerajinan masyarakat lokal justru bisa menjadi modal besar dalam memasuki kancah dunia internasional. Terutama di sektor luxury brand dan segmen kelas ekslusif, Haute Couture. Ratier adalah Creative Developer and Buyer untuk Givenchy, Louis Vuitton dan Hermes.

Meniti karier sejak usia 19 tahun, Ratier yang sangat mendukung kerajinan Asia, terutama India. Kini ia duduk sebagai direktur setelah 27 tahun berkarir. Ratier mengatakan bahwa dalam sektor fashion luxury brand produk yang dihasilkan bisa murni hasil kecanggihan mesin industri.

Namun dalam Haute Couture yang memiliki level jauh lebih tinggi, justru keterampilan manual seperti bordir, sulam, tenun, rajut tangan, menjadi keunggulan tersendiri yang jauh lebih dihargai.

Kerajinan Batik Indonesia, dinantikan luxury brand. (Foto: kemenparekraf.go.id)

 

Melihat Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan kreativitas warga serta didukung keterampilan yang alamiah, apabila terus menerus diolah dan termanfaatkan secara maksimal, maka kerajinan dan kearifan lokal itu akan semakin berkembang.

Menurutnya, untuk mencapai standar Haute Couture, seorang perancang atau sebuah brand harus mampu memenuhi komitmen dan tuntutan yang sangat besar, misalnya minimal memiliki 20 staf sebagai salah satu indikator perusahaan yang cukup mumpuni dan memiliki sumber daya yang kuat.

Selanjutnya, karya harus dibuat dengan teknik artisan, misalnya teknik jahitan bordir yang dipadu dengan inovasi teknologi mutakhir. Menggunakan material ramah lingkungan, namun memiliki kekuatan dan performa yang spesial.

Selanjutnya tentu saja, material harus dibuat dari bahan yang pada dasarnya dikategorikan pada produk mewah namun memiliki faktor “buatan tangan”. Sehingga produk ini sangat terbatas dan tidak bisa diproduksi banyak (mass production).

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *