Produk Buatan Tangan dari Indonesia Sangat Dinantikan Luxury Brands

Kerajinan khas Nusantara. (Foto: kemenparekraf.go.id)

 

Seorang desainer atau perusahaan yang ingin menampilkan produknya di forum Haute Couture harus bekerja keras, karena ada 16 rumah produksi Haute Couture dunia yang selalu menantikan kerja sama dengan desainer-desainer cemerlang yang menjanjikan.

Desainer juga harus mampu membuat 35 look (seri pakaian) untuk satu kali runway, dan setahun harus bisa tampil dua kali (untuk edisi musim dingin dan musim panas).

Investasi di dunia Haute Couture memang besar, setidaknya desainer harus membuat tiga contoh produk yang diberikan kepada masing-masing rumah mode, agen dan klien fesyen. Setidaknya seorang desainer harus membuat 100 sampel dikali 35 look atau seri pakaian. Dan sampel ini harus siap setidaknya delapan pekan sebelum masa pameran.

Pameran fesyen dunia terbagi dalam dua seri, yaitu pada Februari/Maret dan September/Oktober yang diselenggarakan secara simultan di empat kota besar. Dibuka di New York, kemudian ke London, Milan dan ditutup di Paris.

Ratier mengatakan, pada sektor ini desainer dan produsen harus pandai menghitung, karena apabila semuanya lolos maka klien bisa membeli tiga kali lipat dari harga investasi dan produksi.

Sementara itu, sektor luxury brand menunggu potensi dari Indonesia. Ada 100 brand luxury di seluruh dunia, yang sangat menunggu kiprah dan kerja sama produsen Indonesia untuk dapat dijadikan tren baru dunia.

Luthfi menambahkan, bagi produsen Indonesia yang tertarik untuk memasuki sektor ini, pihaknya siap memberikan bantuan konsultasi dan pendampingan. Tim yang solid yang akan mendukung antara lain, Digital Specialist Pascal Ferreira, Partnership Manager Abigail Wuisan, Graphic Designer Ahmad Amin, Public Relations Paola Arigoni dan Media Specialist Asmara Wreksono.***

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *