Seribu Diaspora Indonesia Ramaikan Pesta Rakyat 2023 di Wina

Kostum daerah

Anak-anak diaspora Indonesia tampil mengenakan kostum daerah Nusantara sebagai pertunjukan pembuka rangkaian acara Pesta Rakyat.

Mereka menyanyikan lagu nasional dan lagu perjuangan, seperti Hari Merdeka, Garuda Pancasila, dan Halo-halo Bandung.

Tak ketinggalan dihadirkan pertandingan khas tujuh belasan, yang diikuti para WNI maupun warga lokal, seperti lomba makan kerupuk dan lomba memasukkan pensil ke dalam botol.

Warung konsuler

KBRI/PTRI Wina menggelar pelayanan “Warung Konsuler“, yang menawarkan jasa kekonsuleran seperti pembaruan paspor, pembuatan surat keterangan, dan pendaftaran Nomor Induk Tunggal (NIT).

Warung Konsuler KBRI Wina, menawarkan jasa kekonsuleran seperti pembuatan paspor. (Foto: Dok KBRI Wina)

 

Warung Konsuler tahun ini mulai dilakukan melalui loket kekonsuleran KBRI/PTRI Wina yang baru diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2023.

Kehadiran loket baru tersebut merupakan wujud komitmen KBRI/PTRI Wina untuk terus meningkatkan pelayanan kekonsuleran yang prima bagi seluruh WNI dan Diaspora Indonesia serta WNA lainnya.

Sesaat sebelum acara Pesta Rakyat dimulai, Dubes RI menyelenggarakan resepsi pembukaan Pesta Rakyat untuk para tamu undangan dari kalangan diplomatik, khususnya dari negara mitra ASEAN di Wina.
“Kesempatan Pesta Rakyat sebagai puncak perayaan HUT ke-78 RI ini digunakan juga untuk mempererat hubungan dengan mitra perwakilan ASEAN dimana pada tahun 2023 ini Indonesia sedang memegang Keketuaan ASEAN,“ tutur Dubes Damos.

Antusiasme dan dukungan WNI dan Diaspora Indonesia di Austria serta partisipasi masyarkat dari kalangan diplomatik dan warga umum kota Wina dan sekitarnya tercatat terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Pesta Rakyat telah menjadi salah satu acara kota Wina yang dikagumi dan dinikmati warga setempat dan telah tercatat di calendar of events banyak sahabat Indonesia di Austria,” kata Madelief Hobborn, salah satu Diaspora Indonesia senior di kota Wina.***

Sumber: Siaran Pers KBRI Wina

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *