Hari Raya Kuningan di Pura Agung Santi Bhuwana, Pura Terbesar di Eropa

Proses persiapan upacara Hari Raya Kuningan di Pura Agung Santi Bhuwana, Belgia, Sabtu (12/8). (Foto: Winda Yuliani)

Penulis: Jacqueline Vandayantie

Wartaeropa.com – Ratusan umat Hindu Indonesia di Eropa merayakan Hari Raya Kuningan di Pura Agung Santi Bhuwana, Sabtu (12/8) lalu. Pura terbesar di Eropa tersebut berdiri megah di Taman Pairi Daiza di Brugelette, Belgia.

Hari Raya Kuningan memperingati kebesaran Sang Hyang Widhi Wasa dalam wujud Sang Hyang Parama Wisesa yaitu yang mempunyai peran untuk membentuk budi pekerti manusia menjadi mulia.

Dikisahkan dalam sejarah, terjadi peperangan antara Bhatara Indah (Dharma) dengan Mayanedewa (Adharma). Peperangan tersebut dimenangkan Bhatara Indah sehingga menjadi hari kemenangan bagi Dharma (kebaikan) atas Adharma (kejahatan).

Perayaan Hari Raya Kuningan tersebut terbagi dalam tiga bagian. Pertama adalah ritual persembahyangan dipimpin Mangku Martin Scot yang menghaturkan sesajen kepada sang dewa kemudian dilanjutkan dengan tarian Rejang Dewa lalu sembahyang bersama.

Acara Megibung – makan bersama dalam Perayaan Hari Raya Kuningan di di Pura Agung Santi Bhuwana, Belgia, Sabtu (12/8). (Foto: Winda Yuliani)

 

Kedua adalah acara Megibung yaitu acara berbagi makanan khas Bali yang dibawa oleh para umat itu sendiri dan dimakan bersama-sama. Tujuannya adalah untuk mempererat rasa persaudaran di antara umat Hindu.

By Redaksi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *