Seribu Diaspora Indonesia Ramaikan Pesta Rakyat 2023 di Wina

Wina, Wartaeropa.com – Pesta rakyat dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI adalah saat yang ditunggu-tunggu para diaspora Indonesia di Wina, Austria.

Pada 26 Agustus 2023, KBRI Wina menggelar Pesta Rakyat yang dihadiri WNI, diaspora Indonesia di Wina dan Tirol, juga warga Austria dari kalangan Indonesianist.

Pesta Rakyat 2023 yang digelar di halaman kantor KBRI/PTRI Wina itu dihadiri sekitar 1.000 peserta. Mereka berdatangan dari pukul 10.30 hingga 17.30 waktu setempat.

Acara itu dihadiri oleh perwakilan parlemen kota Wina, perwakilan pemerintah daerah wilayah kantor KBRI/PTRI Wina, dan kalangan diplomatik terbatas, termasuk para Duta Besar dan diplomat dari negara ASEAN antara lain Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Singapura.

Dubes RI untuk Austria, Damos Dumoli Agusman, membuka Pesta Rakyat 2023. (Foto: Dok KBRI Wina)

 

Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia, PBB dan Organisasi Internasional di Wina, Damos Dumoli Agusman menyampaikan rasa syukurnya karena Indonesia telah mencapai usia ke-78 dan berhasil melewati berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk pandemi COVID-19.

“Hari ini WNI dan Diaspora berkumpul untuk tidak saja memperingati HUT ke-78 RI, tetapi juga saling bersilaturahmi satu sama lain. Tahun depan kita akan merayakan pesta demokrasi, mari kita kumandangkan tekad dan semangat kita kepada masyarakat Austria dan dunia bahwa kita akan Terus Melaju untuk Indonesia Maju!” kata Damos, dalam sambutan Pesta Rakyat 2023 itu.

Hadirkan Dwiki Dharmawan dan Ita Purnamasari

Acara yang didukung Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia itu semakin meriah dengan hadirnya musisi Dwiki Dharmawan dan penyanyi Ita Purnamasari. Juga grup kolaborasi Kolintang Ensembel Ferdinand Soputan sebagai bintang tamu.

Para pengunjunga di area “Panggung Gembira” tak bisa menahan diri untuk tidak bergoyang bersama, mengikuti alunan irama dangdut koplo khas Indonesia.

Kolintang, alat musik warisan budaya tak benda dari Indonesia. (Foto: Dok KBRI Wina)

 

Pesta Rakyat ini dijadikan ajang promosi alat musik kolintang Minahasa yang kini dalam proses menuju pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *