Indonesia Catatkan Transaksi Rp 363,08 Miliar di MEDICA 2023 Jerman

Selain transaksi dagang, dilakukan pula peluncuran produk Bonegraft yang terbuat dari cangkang telur.

Bonegraft merupakan materi pengganti tulang yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan tulang pada kasus patah tulang dengan defek tulang.

Produk bonegraft tersebut mengandung kalsium dari cangkang telur ayam dengan proses pemurnian mutakhir guna mendapatkan kalsium murni, yang mana sangat ramah lingkungan dan diklaim sebagai pertama di dunia yang menggunakan bahan baku natural.

Produk tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Universitas Gadjah Mada dengan PT Berkah Instalasi Medika dan PT Astra Komponen Indonesia.

Ekspor alkes ke Jerman

Ekspor alat-alat kesehatan ke Jerman sesuai dengan upaya Indonesia memenuhi 10 kebutuhan impor utama Jerman. Pada tahun 2022, kelompok produk alat kesehatan (HS90) merupakan urutan kelima kelompok produk yang paling banyak diimpor oleh Jerman.

Total perdagangan Jerman dengan dunia pada produk alat kesehatan (HS90) sebesar USD 125,8 milyar, dengan impornya sebesar USD 46,9 milyar.

Tren impor HS90 Jerman selama periode 2018-2022 meningkat 1,22%. Sementara, ekspor produk alat kesehatan Indonesia ke Jerman tahun 2022 sebesar USD 53,8 juta.***

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *