Den Haag, Wartaeropa.com – Menlu RI Retno Marsudi menerima kado istimewa dari Belanda: tulip merah putih yang dinamai namanya.

Ya, tulip yang warnanya serupa warna bendera Indonesia itu adalah varietas baru.

Bukan itu saja, pemerintah Belanda menyerahkan satu keranjang tulip merah putih bersamaan dengan sertifikat yang menunjukkan nama Retno Marsudi sebagai nama bunga tulip.

Penghargaan itu diserahkan Menlu Belanda Caspar Veldkamp, saat Retno berkunjung ke Den Haag, Belanda, Senin 16 September 2024.

Dalam video unggahannya di Instagram milik Retno Marsudi, tampak Veldkamp menyerahkan token dan dokumen tanda penghargaan Golden Order of Merit dari Kementerian Luar Negeri.

Penghargaan tertinggi

Golden Order of Merit adalah penghargaan tingkat tertinggi yang diberikan untuk mengakui jasa seseorang di bidang diplomatik, sipil, militer, ilmu pengetahuan, seni, sastra, atau pengembangan budaya.

“Dan sebuah tulip yang telah diberi nama yang sama dengan anda, nama yang sangat indah,” kata Veldkamp, dalam video yang diunggah Retno di Instagram @Retno_marsudi, Selasa 17 September 2024.

“Saya merasa terhormat dianugerahi Golden Order of Merit dari Kementerian Luar Negeri Belanda @ministerbz,” ungkap Retno.

“Terima kasih banyak, itu memang kejutan yang menyenangkan,” tambahnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *