Penulis: Yuke Mayaratih

Haloeropa.com – Bila anda kebetulan berkunjung ke Jerman, ke kota Neurenberg dan sekitarnya, anda tak perlu khawatir mencari tempat menginap. Ada sebuah motel bertarif murah untuk ukuran Eropa, di lokasi strategis dengan fasilitas yang cukup layak untuk seorang traveler atau bacpackers.

Sebenarnya motel ini bukan motel backpackers, karena masih layak disebut hotel transit. Sesuai namanya, motel jenis ini tentu “menjual lokasi” sebagai daya tarik bagi para tamu.

Meski kamarnya mungil, tapi cukup untuk berdua. (Yuke Mayaratih)

Sewaktu penulis melawat ke Jerman, penulis sempat menginap di motel murmer ini. Namanya Motel Pelikan. Lokasinya di kawasan Dettelbach, berjarak 80 kilometer dari Bandara Neurenberg, dan kurang dari 1 kilometer ke jalan tol, serta tentu saja tak jauh dari pusat kota. Jaraknya hanya 8 kilometer.

Tarif motel ini sangat murah untuk ukuran Eropa, hanya sekitar 44-50 euro per kamar per malam. Meski ukuran kamarnya mungil, tapi cukup untuk berdua, apalagi untuk ukuran tubuh Asia.

Tempat tidur cukup untuk berdua. (Yuke Mayaratih)

Tapi murah bukan berarti murahan loh. Berbeda dengan motel khusus backpackers yang umumnya menyediakan tempat tidur bertingkat dan kamar mandi bercampur dengan tamu lainnya, motel ini justru menawarkan sesuatu yang menarik.

Motel Pelikan memiliki kamar mandi di dalam, dilengkapi peralatan mandi, seperti handuk dan sampo. Di sana juga ada pemanas, sambungan wi-fi gratis di ruang tamu dan ruang makan.

Di kamar mandi tersedia handuk dan sampo serta pemanas. (Yuke Mayaratih)

Untuk sarapan, anda nggak perlu memesan dari hotel ini, karena sekitar 100 meter dari hotel ada restoran siap saji Burger King dan restoran china.

Tapi kalo malas keluar karena cuaca dingin, anda hanya perlu membayar 7 euro saja untuk sarapan pagi. Menu yang disediakan cukup lengkap. Ada telur rebus, roti, kopi, yoghurt, aneka selai, coklat, dan minuman sari buah.

Restoran di motel ini menyediakan sarapan pagi 7 euro dengan menu lengkap. (Yuke Mayaratih)

Uniknya, resepsionis hotel ini tidak selalu stand by. Jadi jika anda mau memesan kamar melalui online, anda akan diminta langsung membayar. Setelah proses pembayaran selesai, anda akan mendapatkan kode untuk mendapatkan kunci.

Ketika anda tiba di hotel, di depan pintu masuk ada mesin seperti mesin ATM. Saat memasukkan kode, mesin itu akan mengeluarkan kunci kamar lengkap dengan gantungan kunci bertuliskan nomor kamar sesuai pesanan.

Kunci kamar bisa diambil dari mesin ini. (Yuke Mayaratih)

Soal keamanan, jangan khawatir. Selain dilengkapi kamera CCTV, pemilik motel juga sudah memberikan informasi lengkap di depan pintu masuk hotel. Jika terjadi sesuatu, ada nomor telepon yang bisa dihubungi, dan pemilik dalam waktu 20 menit akan tiba di lokasi.

Begitu juga saat check out. Kunci kamar tinggal dimasukkan ke dalam kotak yang disediakan, dan anda pun bisa langsung melanjutkan perjalanan. Jangan lupa, di sini check in mulai pukul 13.00 sampai 23.59, dan check out pukul 11.00.

Saat check out, kembalikan kunci kamar ke kotak ini. (Yuke Mayaratih)

Jadi, buat anda yang ogah menggunakan kamar mandi bersama, tapi memiliki budget minim untuk penginapan, hotel transit jenis ini sangat penulis rekomendasikan sebagai pilihan yang pas.

Editor: Tian Arief

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *