Draghi: Penting untuk Libatkan Negara Non-G7 dalam Perdamaian Dunia

Penulis: Rieska Wulandari

Haloeropa.com – Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan, negara-negara dengan populasi besar, seperti Indonesia, India dan negara-negara Afrika, sangat penting untuk dilibatkan dalam upaya perdamaian dunia, termasuk di Ukraina.

“Meski negara G-7 adalah negara yang kuat secara ekonomi, namun dalam hal opini publik, negara-negara dengan populasi besar memiliki potensi dan kekuatannya sendiri,” kata Draghi kepada wartawan, dalam sesi tanya jawab khusus, usai melakukan pertemuan G7 di Elmau, Jerman, Selasa (28/6/22).

Draghi menyebutkan, G7 masih menjadi titik koneksi paling penting dalam koordinasi di dunia untuk berbagai kebijakan pendeknya. Kebijakan yang dimaksud dalam hal pertahanan, keamanan, ekonomi, dan internasional.

“G7 menyadari hal ini, dan inisiatif Kanselir Scholz untuk mengundang peserta lain disambut hangat. Namun kita juga harus menyadari bahwa kita sekarang mewakili minoritas di dunia, meskipun tidak diragukan lagi adalah minoritas yang kuat,” tutur mantan Presiden Bank Sentral Eropa ini.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *