“Expérience Indonesia, un Voyage Artisanal”, Jelajah Nusantara Via Karya UMKM

Penulis: Sita S. Phulpin

Wartaeropa.com – Indonesia terlihat makin bergairah menebar pesona di Prancis. Paling tidak hal itu tampak di Paris. Sejak awal tahun ini, begitu pemerintah Prancis mengendurkan berbagai aturan kesehatan maka berbagai acara digenjot. Seolah-olah balas dendam atas dua tahun terkerangkeng pandemi.

Di bidang seni budaya berbagai inisiatif bermunculan, baik dari orang Indonesia sendiri maupun dari para pecinta budaya Indonesia. Ada diskusi ilmiah, seni pertunjukan, pameran foto, juga beragam workshop.

Pengunjung melihat-lihat baju produk Indonesia di pameran expérience Indonesia. (Sita Phulpin)

Selain kegiatan seni budaya upaya memperkenalkan produk-produk dagang Indonesia juga makin gencar. Sedikitnya dua acara pameran dagang telah digelar. Selain “Bulan Indonesia” di pusat perbelanjaan mewah Bazaar Hôtel de Ville (BHV) Paris, sejak 8 Juni hingga 7 Juli 2022, pekan lalu diselenggarakan pula pameran dagang gelaran Bank Indonesia.

Bekerja sama dengan KBRI Paris dan Ladresse Paris Agency. Bank Indonesia membawa 15 UMKM binaannya unjuk diri mulai 23 hingga 25 Juni di rue La Fayette no 12, Paris.

Piring dan cangkir hias cantik produksi UMKM Indonesia. (Sita Phulpin)

Meski gaung pembukaannya tidak seheboh pembukaan acara usungan Kota Solo beberapa waktu lalu, tapi bukan berarti pamerannya tidak menarik.

Tak banyak yang tahu bahwa pameran tersebut masuk dalam kalender event showroom resmi Paris Fashion Week koleksi musim semi dan panas 2023 dalam program “Bienvenue to Paris” atau “Selamat Datang di Paris”.

Dubes RI untuk Prancis Mohamad Oemar membuka pameran. (Sita Phulpin)

Pameran bertajuk “Expérience Indonesia, un voyage artisanal” atau “Menjelajah Indonesia melalui Karya-karya Para Pengrajin” tersebut dibuka Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar.

Farida Peranginangin, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di London dan Amal Sultan, perwakilan Ladresse Paris Agency, konsultan pengembangan merek produk fesyen dan lifestyle untuk menembus pasar Prancis juga turut memberikan sambutan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *