Penulis: Rieska Wulandari

Wartaeropa.com – Saat pandemi ini, tidak sedikit staf medis yang tertular akibat melakukan kontak langsung dengan pasien. Italia berupaya mengurangi risiko penularan tersebut dengan menggunakan robot yang bisa dikendalikan dari jauh.

Untuk  itu, Italia baru-baru ini mengerahkan robot untuk membantu staf medis dan merawat pasien COVID-19.

Robot bisa kontak langsung dengan pasien COVID, dikendalikan dari jauh. (Foto: Rieska Wulandari)

Italia kemudian mendirikan JOiiNT LAB sebuah Robotic Intelligence League Bergamo, yang disepakati oleh Italian Institute of Technology (IIT) dan Intellimech.

Robot ini dilengkapi dengan sensor dan kamera yang dikendalikan dan dioperasikan dari jarak jauh. Mereka bertugas memantau kondisi pasien dan menyampaikannya kepada staf medis rumah sakit.

Masih dalam bentuk prototipe. (Foto: Rieska Wulandari)

Tim peneliti dan pembangun robot telah mengembangkan sistem yang disebut kecerdasan mekanik. Robot itu mampu menggerakkan tangan dan jari, hampir sama baiknya dengan tangan dan jari manusia, yang memungkinkannya melakukan tugas dengan gerakan kerja tertentu.

Staf medis mekanis ini memiliki jari-jari yang lembut dan elastis, yang permukaannya terbuat dari karet. Maka tak mengherankan kalau robot ini mampu beradaptasi dan menggenggam benda dengan aman.

Saat ini robot ini masih dalam bentuk prototipe. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat, tidak hanya di bidang kesehatan, tetapi juga di bidang lainnya yang lebih luas.

Editor: Tian Arief

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *