Penulis: Krisna Diantha dan Rieska Wulandari

Wartaeropa.com – Kedutaan Besar Jerman di Jakarta menolak memproses paspor Republik Indonesia (RI) yang tidak memiliki kolom tanda tangan. “Termasuk urusan visa. Tidak bisa kami proses dengan paspor itu,“ Kedubes Jerman di Jakarta menegaskan dalam situsnya.

Para pemegang paspor RI, khususnya keluaran tahun 2021 yang tidak memiliki kolom tanda tangan pun mulai resah. Seperti diungkapkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Swiss.

“Saya mengurusnya Oktober 2021 di KBRI Bern. Saya lihat lagi, ternyata tidak ada kolom tanda tangannya,“ kata Rasmi Silalahi, seorang WNI, ketika melapor ke KBRI Bern, Swiss, Jumat (12/8/22).

Paspor desain lama dengan kolom tanda tangan (kiri) dan paspor desain baru tanpa kolom tanda tangan (kanan) [bitung.imigrasi.go.id]

Hal serupa dialami Bahagya, seorang WNI lainnya. Ayah satu anak yang menetap di Zurich ini juga memiliki paspor tanpa kolom tanda tangan. “Punya saya juga demikian. Tak ada tanda tangannya,“ kata Bahagya kepada Wartaeropa.com.

Selain kedua WNI tersebut, diperkirakan ada puluhan pemegang paspor serupa di Swiss. WNI yang menetap di Swiss jika masa berlaku paspornya habis akan mengurus paspor baru di KBRI Bern.

Kendati demikian, WNI di Swiss bebas keluar masuk Jerman, karena siapa pun yang memilik izin tinggal sah di Swiss bebas keluar masuk wilayah Schengen. WNI di Swiss dipastikan memiliki izin tinggal jenis B atau C. Izin tinggal jenis ini, bebas keluar masuk Uni Eropa.

KBRI Bern Swiss. (kemlu.go.id)

 

KBRI Bern masih bungkam

Pihak KBRI Bern belum memberikan keterangan apa pun, menanggapi keresahan WNI di Swiss pemegang paspor bergambar Burung Garuda. Saat dihubungi Wartaeropa.com melalui whatts up, pihak Pensos hanya membacanya, namun tidak menjawabnya.

Sebagaimana diberitakan, Kedubes Jerman di Jakarta menolak memproses pengurusan visa bagi paspor Indonesia yang tidak ada kolom tanda tangannya. Kedubes Jerman di Jakarta menyatakan akan berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia.

Selama proses tersebut, tulis Kedubes Jerman di situsnya, paspor Garuda tanpa tanda tangan tidak berlaku untuk memproses visa ke Jerman.

KBRI Roma Italia. (kemlu.go.id)

 

WNI di Italia khawatir

Pertanyaan dan kekhawatiran yang sama juga muncul di kalangan warga Indonesia di Italia. Salah satunya, Francisca Achti. Ia baru mengganti paspornya pada Juli 2022.

Francisca mengaku bingung mengapa paspor yang baru tidak memuat kolom tanda tangan pemegang paspor seperti edisi sebelumnya.

Ketika dikonfirmasi, Fungsi Konsuler KBRI Roma, Danang Waskito, menanggapi keluhan ini dengan mengatakan, pihaknya segera meneruskan pertanyaan ini ke Pusat.

“Hal di atas sedang dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak pihak terkait,” ujarnya.

Editor: Tian Arief

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *