Pesta Rakyat Semarakkan Peringatan Hari Kemerdekaan di Frankfurt Jerman

Penulis: Miranti

Wartaeropa.com – Perayaan Hari Kemerdekaan RI di luar negeri tidak kalah meriah dengan perayaan di Tanah Air. Seperti upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan di Wisma Konsulat Jendral RI di Frankfurt, yang berlangsung khidmat dilanjutkan dengan Pesta Rakyat.

Upacara dimulai sekitar pukul 9.30 waktu setempat, Rabu (17/8/2022), dihadiri sekitar 250 diaspora Indonesia di Jerman.

Di halaman yang tidak terlalu luas itu, upacara penaikan bendera dilakukan oleh enam anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Mereka adalah para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota Frankfurt  dan sekitarnya.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di Wisma KJRI Frankfurt Jerman. (Foto: indonesia-frankfurt.de)

 

Konjen RI untuk wilayah kerja Frankfurt, Acep Somantri, menjadi inspektur upacara, sedangkan Mayor Infantri Ilham menjadi komandan upacara. Mayor Ilham berada di Jerman untuk mengikuti pendidikan bahasa di Bundessprecheramt, di kota Huerth.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan Potong Tumpeng Kemerdekaan. Tumpeng ini berupa nasi kuning lengkap dengan lauknya. Sebagai pendamping, ada juga kue kue khas Indonesia seperti kue centik manis, risoles, lapis legit, dan dadar gulung yang disusun layaknya tumpeng.

Potongan pertama tumpeng nasi diserahkan kepada diaspora dan pecinta Indonesia yang dinilai berprestasi. Salah seorang di antaranya Annegret Haake. Haake dinilai berdedikasi dalam melestarikan dan mempromosikan Batik Indonesia di Jerman.

 

Pesta rakyat

Setelah makan siang, hadirin terus bertambah. Mereka ingin menyaksikan dan berpartisipasi dalam Pesta Rakyat.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *