Warga Indonesia di Swedia Rayakan Hari Kemerdekaan RI dengan Piknik

Penulis: Nina Hansson

Wartaeropa.com – Banyak cara untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Salah satunya menggelar pesta rakyat yang menampilkan kesenian tradisional. Seperti dilakukan masyarakat Indonesia di Swedia Selatan yang menampilkan tarian Maumere, Poco-poco, dan tarian tradisional Indonesia.

Tumpeng Kemerdekaan yang sudah dipotong, kemudian dibagi-bagikan. (Foto: Nina Hansson)

 

Acara yang diberi judul “Piknik Kemerdekaan” itu digelar oleh Asosiasi Swedia-Indonesia Bagus atau disingkat “Bagus”, di Taman Pidammsparken, yang berada di pusat kota Malm√∂, Swedia, Minggu (21/8/22). Sebanyak 100 orang hadir dan turut memeriahkan acara tersebut.

Bagus adalah organisasi nirlaba yang bertujuan membantu promosi Indonesia dan meningkatkan pengertian antara Swedia Indonesia, khususnya di Swedia Selatan.

Tarik tambang, permainan berkelompok paling seru. (Foto: Nina Hansson)

 

Di awal acara, para peserta piknik menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan khidmat. Disusul dengan pemotongan tumpeng kemerdekaan. Menurut Ketua Bagus, Hans Hansson, dalam sambutan pembukaan, ia merasa gembira karena Indonesia berhasil menangani pandemi dengan baik. Sehingga diaspora Indonesia di Swedia bisa kembali pulang kampung.

Dalam kesempatan ini, penari-penari Bagus menampilkan tarian tradisional Dayak, yakni Tari Gantar.

Tari Gantar dari Dayak. (Foto: Nina Hansson)

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *