Penulis: Gendhis Laksmana

Wartaeropa.com – Tiang bendera yang berjumlah 28 buah di Gedung Komisi Eropa Berlaymont, Brussel, Belgia mengibarkan bendera setengah tiang, sebagai penghormatan kepada Ratu Inggris Elizabeth II. Selain itu juga sebagai solidaritas berkabung kepada rakyat Inggris.

Pengibaran bendera setengah tiang ini dilakukan beberapa saat setelah pengumuman resmi pemerintah Inggris atas wafatnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II, Kamis (8/9/22).

Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola meminta agar bendera Uni Eropa di seluruh gedung institusi EU diturunkan setengah tiang, termasuk di kantor-kantor perwakilannya.

Meskipun Inggris bukan lagi anggota Uni Eropa, namun Uni Eropa tetap menghormati Ratu ELizabeth II sebagai tokoh dunia yang sangat berpengaruh. Dalam media sosial Uni Eropa disebutkan bahwa Uni Eropa menurunkan bendera menjadi setengah tiang untuk mengenang Ratu Elizabeth II.

Bendera Uni Eropa. (Foto: europa.eu)

 

Disebutkan bahwa Ratu ELizabeth II merupakan saksi perang dunia, rekonsiliasi di Eropa dan dunia. Serta berbagai transformasi di planet ini. Uni Eropa menilai, mendiang merupakan mercusuar yang tegar dalam berbagai perubahan.

“Ia tidak pernah berhenti menunjukkan ketenangan dan dedikasinya telah memberikan rakyat Inggris kekuatan. Uni Eropa berkabung atas kepergiannya dan mengenang jasa-jasanya. Uni Eropa juga mendukung keluarga yang ditinggalkan dan semua yang berkabung,” ujar Metsola.

Sebuah demonstrasi besar bertema “The National Rejoin March” akan dilakukan pada Sabtu, 10 September 2022. Tuntutannya meminta pemerintah Inggris untuk kembali bergabung dengan Uni Eropa. Pasalnya, dampak Brexit (keluarnya Inggris dari Uni Eropa) mengakibatkan banyak kerugian bagi Inggris di berbagai sektor, baik industri, ekonomi, maupun sosial.

Namun demonstrasi itu urung dilakukan, karena wafatnya Ratu Elizabeth II.  []

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *