Ssst! Ini Dia Rahasia Kuliner Italia

Penulis: Rieska Wulandari

Wartaeropa.com – Makanan Italia dikenal di seluruh dunia sebagai makanan nikmat. Makanan Italia juga dikenal sebagai diet Mediterranean, dengan kombinasi antara rasa dan nutrisi seimbang. Enak sekaligus sehat. Apa rahasianya?

Selama bermukim di Italia, saya melihat dan merasakan langsung bagaimana warga lokal memasak dan prinsip mereka soal makanan. Ini dia prinsipnya:

Orang Italia sangat mengutamakan kesegaran makanan. Makin jauh perjalanan yang ditempuh, makin berkurang kualitas makanan. Solusinya: bertani sendiri. (Foto: Rieska Wulandari)

 

  1. Kilometer nol

Orang Italia sangat mengutamakan kesegaran makanan. Makin jauh perjalanan yang ditempuh untuk mendatangkan bahan, makin berkurang kualitas makanan, karena waktu tempuh dan perjalanan dianggap menghasilkan polusi dan jejak karbon. Jadi mereka lebih suka memetik makanan dari kebun/pot tanaman di halaman atau balkon sendiri. Setidaknya dari pertanian dekat rumah.

Makin jauh perjalanan yang ditempuh untuk mendatangkan bahan, makin berkurang kualitas makanan. (Foto: Rieska Wulandari)

 

  1. Label asal makanan

Karena mereka sangat mengutamakan jarak, mereka juga sangat awas melihat dari mana sebuah produk berasal. Semua pertanian dan hasil bumi di Italia tak hanya dipantau oleh otoritas, tapi juga oleh konsumen. Misalnya, ada buah lemon dari Amalfi atau impor dari luar negeri, orang Italia akan memilih dari Amalfi. Pasalnya, mereka sudah tahu, kualitas lemon Amalfi yang tidak ada duanya. Begitupun daging, meski ada steak dari Argentina atau Australia, bahkan wagyu dari Jepang, tendensi orang Italia, akan mengambil daging lokal. Bagi mereka, daging harus segar dan sebisa mungkin tidak melakukan perjalanan jauh untuk sampai di meja makan kita. Makin pendek rantai perjalanan, makin higienis lah bahan makanan.

Bagi mereka, daging harus segar dan sebisa mungkin tidak melakukan perjalanan jauh untuk sampai di meja makan kita. (Foto: Rieska Wulandari)

 

  1. Memasak sesuai musim

Bagi orang Italia, memasak sesuai musim sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk keuangan. Misalnya, di musim panas, saat suhu udara juga sangat menyengat, sebaiknya makan buah buahan. Mereka biasa mengombinasikan melon dengan daging olahan prosciutto cotto, salad daun basil, tomat dengan keju mozzarella, yang disebut caprese. Juga salad tomat, daun roket, jagung manis, buah zaitun dengan daging tuna kalengan.

Kalau di musim dingin, menu yang disediakan jamur, sayur kabur, daging-dagingan, dan sebagainya. Bila anda memasak menu musim panas, artinya bahannya impor/diambil dari negara dua musim. Itu malah dianggap tak sensitif pada alam karena polusi transportasi.

Bagi orang Italia, memasak sesuai musim sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk keuangan. (Foto: Rieska Wulandari)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *