Kerajinan “Jalinan Logam” dari Indonesia Pukau Pengunjung Salone del Mobile ke-61 di Italia

Penulis: Rieska Wulandari

Milan, Wartaeropa.com – Pameran Internasional Salone del Mobile edisi ke-61 tahun ini dihadiri 307.418 pengunjung, atau naik 15 persen dibanding tahun lalu.

Pameran yang digelar di area Rho Fiera Milano ini juga diikuti oleh 2000 perusahaan dan 34 persen merek dari 37 negara.

Jalinan logam. (Foto: Rieska Wulandari)

 

Presiden Salone del Mobile Maria Porro, yang ditemui secara khusus di markas Asosiasi Jurnalis Asing, Stampa Estera Milan mengatakan, pihaknya menunggu dan menyambut desainer-desainer Indonesia yang dianggapnya sangat potensial dan memiliki ciri yang khas.

Desainer asal Indonesia Hendro Hadinata, yang memberikan fokusnya pada warisan budaya Indonesia, tampil memukau pengunjung pameran dengan koleksi yang terinspirasi pada kebudayaan megalitikum seperti Lore Lindu.

Kerajinan khas Nusantara yang dipamerkan. Begitu berwarna, memukau pengunjung. (Foto: Rieska Wulandari)

 

Ia juga aktif mencari pengrajin dari seluruh pelosok Nusantara, agar keterampilan mereka tidak punah, dengan cara berkolaborasi. Sehingga karya-karya studionya menjadi perpaduan antara desain minimalis dan upaya pelestarian keterampilan para pengrajin di seluruh Nusantara.

Fixture lampu yang ditampilkan Hendro misalnya, adalah hasil pencariannya atas keterampilan pengrajin Sumba yang mampu “menjalin logam”.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *