Seru-seruan Tujuh Belasan di Spanyol: Dari Balap Karung Hingga Tarik Tambang

Madrid, Wartaeropa.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI selalu ditunggu-tunggu warga Indonesia di mana pun berada.

Sebab setelah upacara bendera mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, biasanya digelar pesta rakyat, yang diisi berbagai perlombaan dan permainan tradisional.

Di Madrid, Spanyol, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mensponsori acara tujuh belasan -demikian pesta rakyat ini biasa disebut- yang diikuti para dispora Indonesia di Spanyol dan warga lokal.

Jalan Santai Merah Putih. (Foto: Dok KBRI Madrid)

 

Berangkat dari kesuksesan kegiatan tujuh belasan tahun lalu, masyarakat Indonesia di Spanyol kembali berkumpul di Madrid, pada Minggu pagi 20 Agustus 2023, untuk berpartisipasi dalam berbagai jenis kegiatan.

Menurut siaran pers KBRI Madrid yang diterima Warta Eropa, acara diawali dengan Jalan Santai Merah-Putih yang dimulai dari Palacio de Linares di Bundaran Cibeles, yang merupakan titik nol kilometer kota Madrid.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib, diikuti 120 peserta.

Lomba memasukkan pensil gantung ke dalam botol. (Dok KBRI Madrid)

 

Memanfaatkan car-free day Minggu pagi, para peserta dengan bergerak ke Selatan menyusuri Paseo del Prado.

Setelah mampir di Air Mancur Neptuno, peserta bergerak ke Timur dan memasuki Taman Retiro yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Warisan Berharga Dunia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *