Madrid, Wartaeropa.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI selalu ditunggu-tunggu warga Indonesia di mana pun berada.

Sebab setelah upacara bendera mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, biasanya digelar pesta rakyat, yang diisi berbagai perlombaan dan permainan tradisional.

Di Madrid, Spanyol, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mensponsori acara tujuh belasan -demikian pesta rakyat ini biasa disebut- yang diikuti para dispora Indonesia di Spanyol dan warga lokal.

Jalan Santai Merah Putih. (Foto: Dok KBRI Madrid)

 

Berangkat dari kesuksesan kegiatan tujuh belasan tahun lalu, masyarakat Indonesia di Spanyol kembali berkumpul di Madrid, pada Minggu pagi 20 Agustus 2023, untuk berpartisipasi dalam berbagai jenis kegiatan.

Menurut siaran pers KBRI Madrid yang diterima Warta Eropa, acara diawali dengan Jalan Santai Merah-Putih yang dimulai dari Palacio de Linares di Bundaran Cibeles, yang merupakan titik nol kilometer kota Madrid.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib, diikuti 120 peserta.

Lomba memasukkan pensil gantung ke dalam botol. (Dok KBRI Madrid)

 

Memanfaatkan car-free day Minggu pagi, para peserta dengan bergerak ke Selatan menyusuri Paseo del Prado.

Setelah mampir di Air Mancur Neptuno, peserta bergerak ke Timur dan memasuki Taman Retiro yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Warisan Berharga Dunia.

Jalan santai sejauh 3,3 kilometer ini diakhiri dengan piknik di seberang Palacio de Crystal di jantung Taman Retiro.

Balap karung dewasa. (Dok KBRI Madrid)

 

Di titik piknik, kegiatan puncak acara perayaan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan sejumlah permainan seru khas Indonesia.

Berbagai perlombaan digelar, mulai dari balap karung, memasukkan pensil gantung ke dalam botol, hingga tarik tambang.

Masing-masing cabang diperlombakan pada kategori anak dan dewasa.

Merah Putih di wajah. (Dok KBRI Madrid)

 

Nah, lebih seru lagi lomba tarik tambang. Pasalnya, tim dibagi dua, yakni tim Nusantara melawan tim Bule, yang terdiri dari warga lokal.

Menariknya, kendati lomba dimenangkan tim Nusantara, namun hadiah cabang lomba ini diberikan kepada tim Bule.

Selain perlombaan fisik, tim juri juga melakukan penilaian terhadap busana terunik yang dikenakan peserta selama jalan sehat.

Keluarga besar diaspora Indonesia di Spanyol. (Dok KBRI Madrid)

 

Cabang lomba ini kembali dimenangkan oleh juara bertahan yang merupakan diaspora Indonesia asal Nias.

Pemenang berhak mendapatkan satu unit smartwatch yang telah disiapkan oleh Huawei Spanyol, sebagai salah satu mitra kegiatan tahun 2023.

Jalan Santai Merah-Putih mendapatkan perhatian dari warga setempat yang tengah menikmati car-free day di Paseo del Prado.

Persiapan lomba. (Dok KBRI Madrid)

 

Rasa ingin tahu dan perhatian masyarakat semakin bertambah, ketika menyaksikan peserta jalan santai berdandan nyetrik dengan warna bertema merah-putih.

Suhu musim panas yang menyengat pun tak meluluhkan antusiasme peserta yang mengikuti jalan santai dan berbagai rupa perlombaan.

Kerinduan para diaspora Indonesia peserta lomba akan kampung halaman sedikit terobati dengan santap siang masakan khas Indonesia. Mereka menikmatinya sambil lesehan. Indonesia banget!

https://www.youtube.com/watch?v=-EcCjmOA0wA

Kegiatan masyarakat di Spanyol dalam menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan penuh semangat dan kemeriahan, dan tak kalah seru dibandingkan tahun lalu.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan dan mengingatkan para WNI di Spanyol akan semangat kebangsaan Indonesia dan kecintaan pada kampung halaman meskipun tinggal jauh dari Tanah Air.***

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *