Wartaeropa, Madrid – KBRI Madrid bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Komite Bilateral Spanyol dan Portugal, serta Direktorat Eropa I Kementerian Luar Negeri RI, menggelar misi bisnis ke Spanyol, pada 29 Februari sampai 2 Maret lalu.

Misi bisnis yang difasilitasi KBRI Madrid itu membawa lima agenda.

Pertama, forum bisnis bersama dengan perwakilan 21 perusahaan Spanyol yang bergerak di sektor energi, pakan ternak, tenaga kerja perikanan, pertanian, kimia, perhotelan, barang konsumen, ekspor dan impor, properti, konstruksi, serta teknologi.

Forum bisnis itu bertempat di Aula KBRI Madrid, dihadiri KADIN Spanyol, asosiasi bisnis Spanyol-ASEAN, serta perwakilan dari kedutaan besar negara-negara ASEAN di Madrid.

Jejaring bisnis

Lawatan ini diharapkan membangun jejaring bisnis. (Foto: Dok KBRI Madrid)

Forum tersebut dimanfaatkan oleh delegasi KADIN dan kalangan dunia usaha Spanyol untuk membangun jejaring bisnis, yang bisa dikembangkan di kemudian hari.

Pada kesempatan itu, dibagikan buku biografi Presiden Joko Widodo dalam Bahasa Spanyol, berjudul Jokowi Hace Realidad El Sueño de Indonesia (Jokowi Mewujudkan Impian Indonesia). Peluncuran biografi itu dilakukan 2 hari sebelumnya di Barcelona.

KADIN juga bertemu dengan Cámara de Comercio de España (KADIN Spanyol).
Pertemuan yang digelar di kantor Cámara itu membahas nota kesepahaman kerja sama kedua belah pihak.

Pada pertemuan itu, Cámara mengusulkan pembentukan Indonesia-Spain Business Council. Jika kelak teruwujud, dewan bisnis bilateral ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Kemudian, pertemuan dengan ASEMPEA (Asosiasi Pengusaha Spanyol-ASEAN), yang membahas penjajakan potensi kerja sama yang dapat dilakukan pengusaha Spanyol di Indonesia, termasuk kebijakan Pemerintah serta situasi ekonomi di Indonesia.

Kesempatan itu dimanfaatkan untuk menyampaikan undangan Indonesia – Europe Business Forum (IEBF) ke-3, yang akan digelar pada Oktober 2024 di Jakarta.

Pertemuan itu ditujukan bagi entitas bisnis Spanyol yang tergabung dalam ASEMPEA.

Selain melakukan pertemuan, KADIN juga melakukan lawatan ke kampus Sekolah Bisnis Instituto Empresarial (IE) University di Madrid, untuk membuka peluang kerja sama.

Selain mengikuti tur kampus dan fasilitasnya, delegasi KADIN juga ikut serta dalam presentasi dan diskusi terkait Spanyol serta potensi ekonomi dan bisnisnya.

Mahasiswa Indonesia ditingkatkan

Mahasiswa Indonesia yang belajar di Spanyol akan ditingkatkan. (Foto: Dok KBRI Madrid)

IE University adalah universitas swasta modern dan terkemuka dengan program unggulan di bidang bisnis dan manajemen.

Pada lawatan itu, IE University menyatakan tertarik bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tujuannya, agar mahasiswa Indonesia yang berjumlah hanya 7 orang saat ini, dapat ditingkatkan menjadi setidaknya 40 orang.

Delegasi KADIN Indonesia menutup misi bisnis ke Spanyol dengan mengunjungi vineyard terkemuka di wilayah Aranda del Duero di Provinsi Valladolid, yakni Montecastro.

Pada kunjungan ini, diharapkan KADIN dapat mengenal kualitas anggur di Spanyol dan dapat membuka peluang investasi dan perdagangan dengan industri anggur di Indonesia.

KBRI Madrid menyambut baik misi Komite Bilateral Spanyol-Portugal KADIN Indonesia yang baru terbentuk ini, sebagai terobosan kerja sama Indonesia dengan Spanyol, khususnya di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.***

Sumber: Press release KBRI Madrid

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *