SBY di Berlin Serukan Agar Para Pemimpin Pecahkan Tiga Masalah Dunia

Wartaeropa.com – Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyerukan agar para pemimpin dunia menurunkan ego masing-masing dan bekerja bersama-sama untuk memecahkan tiga masalah dunia yang terjadi bersamaan.

Menurut SBY, dalam pertemuan Club de Madrid (CdM), di Berlin, Jerman, Senin (31/10/22), ketiga masalah yang dimaksud masing-masing perang Rusia-Ukraina yang berkepanjangan, ancaman resesi ekonomi global, dan perubahan iklim serta bencana alam yang menyertainya.

“Kita hidup dalam dunia yang terbelah. Dunia yang terkunci dalam rivalitas. Masing-masing bertahan dalam posisinya. Ketidakpercayaan tinggi, ruang dialog semakin menyusut. Rasa tidak aman terhadap satu sama lain semakin meningkat. Perlombaan senjata muncul kembali. Pendekatan zero-sum makin dianggap lazim. Serta kurangnya kepemimpinan global yang bisa mengeluarkan kita dari kondisi yang tidak ideal ini,” kata SBY, dalam pembukaan pertemuan tersebut, sebagaimana dirilis dalam siaran pers The Yudhoyono Institute.

SBY bersama anggota Club de Madrid, dalam pertemuan di Berlin, Jerman, pekan lalu. (Foto: The Yudhoyono Institute)

 

Tiga pertanyaan besar

SBY mengajak para pemimpin dunia untuk menjawab tiga pertanyaan besar. “Pertama, bagaimana kita menyelesaikan krisis multidimensi yang kompleks ini, yaitu elemen keamanan, ekonomi, kemanusiaan, lingkungan, dan politik yang saling terkait?” ujar mantan Presiden RI itu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *