Desain Perhiasan Amelia Rachim yang Mendunia Ternyata Terinspirasi dari Semut  

Penulis: Rieska Wulandari

Wartaeropa.com – Amelia Rachim adalah desainer perhiasan kelas dunia. Betapa tidak. Perempuan 37 tahun ini berhasil menjuarai kompetisi desain perhiasan paling prestisius, HRD Design Award ke-18.

Kompetisi ini diikuti oleh 1600 peserta. Ia berhasil menyisihkan sembilan finalis dari tiga kategori, masing-masing Diamond, Gemstone dan Accessories.

Karya Amelia berjudul “Piece by Peace into Peace” mendapat sambutan baik dari dewan Juri dan memenangkan kategori Gemstone.

Amelia Rachim [kedua dari kiri] memegang tropi penghargaan. (Foto: Rieska Wulandari)

 

Lima tahun vakum

Amelia awalnya tidak begitu yakin bisa memenangi kompetisi tersebut. Pasalnya, ia vakum dari kegiatan kompetisi selama 5 tahun. Namun goresan idenya ternyata masih cemerlang.

Siapa sangka, dalam kompetisi yang bertema “Peace” ini, Amel –demikian ia biasa dipanggil- mendapat inspirasi dari kawanan semut.

“Saya terinspirasi dari semut, serangga kecil yang selalu bekerja sama dalam kelompok. Obsesi pada serangga ini karena ukurannya kecil dan penuh detail persis seperti perhiasan,” tuturnya.

Dalam desainnya ini, semut terlihat sedang berbaris dengan membawa batu mulia berbagai ukuran, bentuk dan warna.

“Semut yang membawa beragam batu yang berbeda bentuk dan warna ini, melambangkan manusia yang memiliki perbedaan latar belakang, berbeda pendapat, berbeda perspektif dan dari semut ini kita belajar untuk bekerja sama dalam harmoni dan kedamaian,” jelasnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *