Prof Mu’ti, Yenny Wahid, dan Prof Din Berbagi Cerita Tentang Persatuan dan Kebangsaan di Berlin

Berlin, Wartaeropa.com – KBRI Berlin, Selasa 12 September 2023, menggelar forum dialog bagi masyarakat dan diaspora Indonesia di Berlin dan sekitarnya. Forum yang dihadiri sedikitnya 100 orang perwakilan berbagai kelompok masyarakat dan diaspora Indonesia di Berlin itu membahas isu-isu terkait kebhinnekaan dan kerukunan masyarakat di Indonesia.

Kerukunan dan persatuan

Pada forum diskusi itu dibahas bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki lebih dari 300 suku bangsa dan 700 bahasa daerah.

Selain itu memiliki enam agama resmi dan berbagai kelompok kepercayaan. Namun tetap bersatu selama 78 tahun Indonesia Merdeka. Ini merupakan contoh yang sangat baik bagi masyarakat dunia.

Kendati demikian, ini tetap menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, baik generasi terdahulu maupun generasi muda, untuk menjaga kerukunan dan solidaritas antarkelompok di Tanah Air.

Diskusi ini mengingatkan agar setiap warga Indonesia di manapun berada, turut berperan aktif dalam memelihara kerukunan dan tidak terpancing isu-isu yang dapat memecah belah persatuan.

Para tokoh nasional berbagi pengalaman selama konferensi internasional 3 hari di Berlin. (Dok KBRI Berlin)

 

Tokoh nasional berbagi pengalaman

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *