Penulis: Rieska Wulandari

Wartaeropa.com – Setiap penampilan tim aerobatik atau akrobat pesawat tempur selalu mengundang decak kagum. Demikian pula dengan aksi tim aerobatik nasional Angkatan Udara Italia. Tim bernama “Frecce Tricolori” itu kini telah berusia lebih dari 60 tahun atau enam dekade.

Aksi aerobatik Frecce Tricolori di atas Danau Maggiore Italia, akhir pekan lalu. (Foto: Rieska Wulandari)

Tim aerobatik ini menjadi salah satu simbol terpenting dari keunggulan “Made in Italy” di dunia. Frecce tricolori (pengucapan bahasa Italia: [ˈfrettʃe trikoˈloːri]; secara harfiah berarti “Panah Tiga Warna”), secara resmi dikenal sebagai Gruppo Addestramento Acrobatico 313°, Pattuglia Acrobatica Nazionale (PAN) Frecce Tricolori. Atau berarti “Kelompok Pelatihan Akrobatik ke-313, Tim Aerobatik Nasional (PAN) Frecce Tricolori”.

“Melukis” langit Italia dan 48 negara lainnya dengan warna bendera Italia, selama lebih 6 dekade. (Foto: Rieska Wulandari)

Armada ini berbasis di Pangkalan Udara Rivolto, provinsi Udine. Dibentuk pada 1 Maret 1961 sebagai kelompok permanen untuk pelatihan pilot Angkatan Udara untuk melakukan aksi akrobat udara.

The Tricolor Arrows menggantikan tim tidak resmi yang telah disponsori oleh berbagai pesanan dari awal 1930-an.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *