Frankfurt, Wartaeropa – Sekitar 2.000 orang memadati Pasar Rakyat Indonesia 2023 di Frankfurt, Jerman. Mereka menikmati pergelaran seni budaya selama dua hari (1-2 Juli 2023)  di pasar rakyat itu.

Ada tarian daerah dari Sabang sampai Meraoke, juga grup angklung dan band yang membawakan lagu-lagu populer Indonesia dan Barat.

Tak ketinggalan demo memasak menu vegan, yakni Gado-gado, yang ternyata digemari masyarakat di Jerman.

Warga Frankfurt Jerman menikmati pertunjukan seni budaya di Pasar Rakyat Indonesia 2023. (Foto: Dok. KJRI Frankfurt)

Pasar Rakyat Indonesia 2023 itu hasil kerja sama Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt dengan Merpati e.V. dan gabungan organisasi masyarakat (ormas), organisasi keagamaan dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI).

Kegiatan yang ditujukan untuk mempromosikan Indonesia di Jerman itu pertama kalinya digelar di tempat terbuka di tengah kota Frankfurt.

Pesta rakyat sekaligus menjadi ajang promosi Indonesia di Jerman. (Foto: Dok. KJRI Frankfurt)

Maka tak mengherankan khalayak luas langsung tertarik untuk menikmati pergelaran seni budaya dan kuliner Indonesia yang ditampilkan secara langsung.

Prof. Dr. Arndt Graf dari Goethe-Universität berharap, kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin setiap tahun.

Sedangkan Ketua Merpati e.V., Dr. Jofi Puspa, sebagai perwakilan dari gabungan ormas, mengatakan, selain promosi Indonesia di tengah masyarakat Jerman, kegiatan ini sekaligus mendukung sinergi organisasi masyarakat.

Menyanyikan lagu-lagu Indonesia diiringi angklung. (Foto: Dok. KJRI Frankfurt)

Pada acara pembukaan pesta rakyat dilakukan kirab bendera Merah Putih sepanjang 40 meter, sekaligus sebagai acara perpisahan dengan Konjen RI Frankfurt Acep Somantri dan istri, Lilies Ekawaty Somantri, yang akan mengakhiri tugas pada 31 Juli 2023.

Acep Somantri, dalam sambutan pembuka menyampaikan apresiasi terhadap seluruh organisasi masyarakat di wilayah kerjanya.

Mereka, menurut Acep, telah mendukung seluruh program yang dicanangkan selama penugasan sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan melampaui target capaian.

Bazar UMKM

Bazar UMKM yang menyediakan berbagai jajanan khas Indonesia. (Foto: Dok. KJRI Frankfurt)

Pasar Rakyat Indonesia 2023 turut dimeriahkan bazar yang menyajikan aneka kuliner Nusantara maupun produk UMKM Indonesia.

Kendati langit diselimuti awan mendung yang bertahan hingga sore hari, makanan khas Indonesia serta berbagai penganan dan minuman mencerahkan hari dan hati para pengunjung.

Ragam hidangan dan produk UMKM Indonesia menjadi daya tarik bagi masyarakat Jerman untuk mengenal khasanah kuliner dan budaya Indonesia.

Pasar Rakyat Indonesia diharapkan dapat menjadi kegiatan reguler promosi Indonesia di tengah kota Frankfurt.***

Sumber: Siaran Pers  KJRI Frankfurt

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *